UNTAG Surabaya Menjadi Salah Satu Tempat Event Prepcom 3 For Habitat III

Jumat, 22 Juli 2016 - 13:53:18 WIB
Dibaca: 342 kali

A parallel event at the Preparatory Committee (PrepCom) 3 for Habitat III di UNTAG Surabaya. Parallel event terselenggara di kampus merah putih selama dua hari (23-24/7/2016) bekerjasama dengan Organisasi Kepemudaan UN Habitat, Kementerian Pekerjaan Umum, Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Rockefeller Center USA, Rutgers University, dan Perkumpulan Planner Internasional.

Wakil Rektor II UNTAG Surabaya, Dr. Ir. Hj. RA Retno Hastijanti, MT mengatakan, PrepCom 3 for Habitat III adalah acara internasional. Terpilihnya Surabaya sebagai tuan rumah acara ini kerena Kota Surabaya mampu menjaga kualitas dan meningkatkan hidup masyarakat.

“Dan ini khas, mungkin kalau di daerah lain peran pemerintah yang penting. Sebaliknya, kalau di Surabaya peran masyarakat yang penting,” ungkap Dr. Hastijanti saat dikonfirmasi warta17agustus.com mengenai persiapan UNTAG Surabaya dalam PrepCom 3 for Habitat III di kantornya, Kamis (21/7/2016).

Dosen Teknik Arsitek ini juga menjelaskan, terpilihnya UNTAG Surabaya sebagai tempat parallel event PrepCom 3 for Habitat III karena ikut berpartisipasi dalam pembangunan Kota Surabaya, mulai dari hal yang kecil. Salah satu contoh keterlibatkan UNTAG Surabaya adalah Prodi Arsitek yang menjadi pendamping dinas-dinas di Surabaya untuk pembangunan fisik.

“Juga FISIP yang banyak berperan dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat di Surabaya dari segi perundang-undangan. Sedangkan Fakultas Psikologi ditunjuk untuk menyeleksi tenaga kerja di Pemkot,” tambahnya.

Menurut Dr. Hastijanti dengan UNTAG Surabaya menjadi tempat parallel event akan memberikan nama yang positif di masyarakat nasional dan internasional. Untuk itu UNTAG Surabaya tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan dan kesempatan baik yang telah diberikan. 

“Semua kegiatan kemahasiswaan akan diikutsertakan, sehingga mahasiswa akan berperan langsung dalam kegiatan. Dalam hal ini mahasiswa akan mendapat pengalaman event internasional,” jelasnya.

Sebagai tempat parallel event, sebelumnya UNTAG Surabaya telah melakukan kegiatan untuk menyambut PrepCom 3 for Habitat III bekerjasama dengan United Cities and Local Governments (UCLG), yaitu pendirian Soko Guru Joglo Cak Markeso (14/7), pengecatan bersama Walikota Surabaya Di Kampung Ketandan (17/7), dan Interntional Design Workshop (15-18/7).

“Selanjutnya seminar Minecraft For Participatory Public Space Design (21-23/7), Workshop Film (23/7), Workshop Resilience Planning And Strategic Implementation (23/7), Forum Woman Mayors (24/7), Car Free Day (24/7), Seminar Full Filling Habitat Commitment: Assessing The Past Contruction a Platform For Action (24/7), Peresmian Joglo Cak Markeso (25/8), dan Field Visit (28/7),” papar Dr. Hastijanti. PrepCom 3 for Habitat III diperkirakan akan diikuti oleh 193 negara, dengan jumlah peserta main event 2.000, dan total peserta dari semua kegiatan sekitar 5.000-6.000.

 

 

Komentar