Desain Penataan Ulang Kawasan Wisata Wono Kitiran Jatiwalondo di Desa Plumbangan

Jumat,27 Desember 2022 - 14:33:55 WIB
Dibaca: 30 kali

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Kinerja Indikator Kinerja Utama Bagi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2022 dengan ketua pengusul Erni Puspanantasari Putri, S.T., M.Eng., Ph.D. pada sub Kegiatan Kampung Bangkit (KKB) dengan judul Pengembangan Objek Wisata Jati Walondo dan UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Plumbangan Kabupaten Blitar Pasca Pandemi Covid-19.

Salah satu kegiatan dalam upaya pengembangan obyek wisata Jatiwalondo yaitu melakukan penataan ulang kawasan wisata “Wono Kitiran” Jatiwalondo yang saat ini dalam keadaan vakum akibat kejadian pandemi Covid-19 selama kurang lebih dua tahun. Sehingga beberapa wahana wisata yang sudah ada mulai mengalami kerusakan. Selain itu juga diperlukan sebuah penataan zona tiap wahana wisata dan sirkulasi sehingga pengunjung nantinya akan dapat mengakses setiap wahana wisata dengan mudah dan dapat terjangkau semuanya. Penambahan daya tarik wisata menyesuaikan yang sedang tren saat ini yaitu dengan memberikan beberapa spot swafoto yang menarik.

Kegiatan penataan ulang kawasan wisata ini diawali dengan survey kawasan terlebih dahulu untuk melihat kondisi saat ini dan menentukan ide dan konsep penataan. Kemudian Intan Kusumaningayu, S.T., M.T. bersama timnya Aditya Fahmi Syahriza dan Chelvin Afinda Sugara mulai membuat desain sesuai konsep yang telah ditentukan.

Kawasan wisata “Wono Kitiran” Jatiwalondo ini diperkuat dengan membuat sebuah ikon kincir angin besar menyesuaikan nama “Wono Kitiran” yang sudah melekat, sehingga tema khusus kawasan wisata ini dapat lebih menonjol. Oleh karena kawasan wisata ini berada di hutan jati, penataan ulang wisata pun tidak merubah sama sekali kondisi pohon yang ada disana, hal ini juga ikut mendukung upaya konservasi hutan jati tersebut. Jalur sirkulasi dan zona-zona wahana wisata yang ditata pada area-area diantara pohon jati. Zona wisata yang terdapat di kawasan wisata “Wono Kitiran” Jatiwalondo ini antara lain area bermain anak, zona taman kincir, area bumi perkemahan, area outbond, area kuliner, area spot swafoto yang bermacam-macam, dan area ikon kincir angin besar yang juga dapat digunakan sebagai spot swafoto.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya