Wahana Kolam Wisata Kebun Klengkeng

Kamis,20 Oktober 2022 - 13:19:04 WIB
Dibaca: 72 kali

        Kegiatan Matching Fund 2022 yang diusulkan oleh Prodi Arsitektur Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan ketua pengusul Febby Rahmatullah Masruchin, S.T., M.T. dengan judul Pengembangan Wisata Kampung Kelengkeng di Desa Simoketawang Menjadi Desa Mandiri Berbasis Wisata Agro. Desain Wahana Kolam Ikan Koi ini dirancang oleh kelompok 2.1 yang beranggotakan Tiara Permatasari, Nanda Farihah, Yohanes Dandut, Muhammad Dicky Kurniawan, Irfan Muhammad dengan dosen pembimbing Ir. Joko Santoso, MMT, IAI dan Febby Rahmatullah Masruchin S.T., M.T.

        Wahana kolam ikan koi di desain khusus untuk daerah perkebunan dimana fungsi dari wahana kolam ikan koi ini selain sebagai penunjang wisata namun dalam pendirian dan pembuatan kolam ikan koi ini didesain dengan baik tanpa merusak vegetasi yang ada pada wisata kebun kelengkeng. Kolam koi didesain dengan penuh ketelitian, dapat dilihat dan diketahui dari desain kolam koi ini tidak hanya monoton seperti kolam – kolam ikan lainnya, namun bentuk alur ikan kolam koi ini dibuat dengan cara memenuhi hampir seluruh zona wisata yang dibangun tepat pada wisata kebun kelengkeng sehingga nantinya para pengunjung dapat menikmati dan melihat ikan koi dari tepi hingga ujung wisata kebun kelengkeng. Wahana kolam ikan koi dibentuk menyeluruh agar ikan koi juga memiliki tempat luas bagi kehidupannya, kolam yang di desain menyeluruh juga memberikan manfaat bagi ikan tersendiri , selain untuk kehidupan yang luas ikan juga akan terhindar dari stress dimana mereka bisa berenang sendiri tanpa harus berkelompok dan menggerombol sehingga ikan dapat bertahan dan hidup lebih lama.

        Bibir kolam dibentuk dengan diberi grill yang berfungsi untuk berjaga-jaga apabila air dari kolam penuh dan keluar dari batas kolam, air akan tetap jatuh di pinggir kolam dan masuk melalui grill sehingga air kolam tidak akan keluar, dimana air yang keluar bisa menyebabkan jalan becek. Kolam ini di desain seunik mungkin agar dapat memberikan kesan yang indah dan enak untuk dipandang dan dibuat menyeluruh agar kolam bisa dijangkau dari manapun.

Keunikan kolam yang dibangun apada wisata taman kelengkeng di Desa Simoketawang kec,


        Wonoayu Kabupaten Sidoarjo ini sendiri memiliki keunikan yaitu dibangun dengan tidak menghilangkan vegetasi yang terdapat pada lokasi namun menjadikan vegetasi tersebut dari bagian desain wahana kolam koi. Dapat dilihat pada tengah kolam ikan koi terdapat satu pohon kelengkeng yang diletakkan di tengah – tengah kolam sebagai kolaborasi anatar kolam dengan vegetasu secara langsung.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya